Bermigrasi ke Mode Chat, Kenapa Tidak?

3 Mar 2009

mig33+Satu lagi pengalaman yang mungkin bisa saya bagi kepada rekan-rekan sekalian saat ingin ber-chatting-ria lewat ponsel (telepon seluler, red). Sebelumnya, kenapa sich saat ini banyak banget orang yang mulai memilih untuk beralih dari mode SMS/nelpon ke mode Chat ( termasuk saya :D )? Jawabannya simpel, “Murah, Mas. Nggak kaya SMS, mahal!”. Lho, kok murah? Ya, iya lah, masak ya iya dunk :D

Kalau belum tahu ya… nich ku kasih tahu (bukan tempe, lho!). Gini lho… Murahnya itu disebabkan karena jalur yang dipakai adalah jalur yang saat ini mulai banyak dipakai, yaitu melalui jalur internet yang biasanya tarifnya itu lebih murah dibandingkan dengan tarif SMS dan telepon yang disediakan oleh beberapa operator di negara kita. Ya kayak VoIP (nelpon murah lewat jalur internet, red) itu lah. Yang biasanya diinstruksikan oleh operator kita untuk nambahin 0101x didepan nomor yang kita tuju itu lho… Tahu kan… sip!

Ya wis lah, lanjut ke bahasan utamanya… ke pengalamanku saat masang aplikasi messenger client di ponsel.

Setelah kucari-cari di internet, aplikasi chatting yang bisa dipakai sama HP-ku ( maklum, HP tipe-tipe lama [3125, merknya ya yang umum dipake orang lah...], agak susah nyari yang cocok :D ), banyak banget aplikasi yang kuperoleh, tapi dari sekian yang banyak itu, hanya satu yang cocok sama HP-ku. Yach… nasib-nasib… :( Tapi nggak papa dech.. yang penting bisa jalan, daripada nggak sama sekali, ya toh…. Aplikasi yang kupakai namanya mig33+. Dia juga support untuk protokol Yahoo! ama MSN, jadi nggak usah kuatir kehilangan kolega yang udah punya akun Yahoo! atau yang suka berada di jaringannya Microsoft.

Setelah kujalankan, muncul dech mig33… Kalau pake aplikasi ini, ente kudu daftar dulu. Tapi nggak usah kuatir, pas aplikasi mulai jalan di awal-awal, dia langsung ngarahin kamu ke mode pendaftarannya dia. Tapi sebelumnya, dia minta kamu untuk milih tipe koneksinya (TCP, HTTP, atau Manual). Kalo aku sich ga bakalan pilih yang manual, pilih yang gampang aja, akhirnya tak coba dech atu-atu, ternyata yang cocok pake HTTP. Ya gitu dech… akhirnya aq bisa masuk ke jaringannya Yahoo! and bisa chatting ma temen-temen seperjuangan, hehe… Tapi setelah itu, muncul MASALAH (dalam benakku, ada aja dech masalah yang dateng), fiuh… Setelah aplikasinya ditutup, terus dibuka lagi, udah dech… Nggak bisa konek. Aplikasi yang lain juga malah jadi ga bisa konek, kayak Opera Mini… Sama aplikasinya sich suruh mbuka wapsite-nya. Awalnya, aku agak males buka. Terus aku pikir-pikir, bagaimana kalo ponselnya tak restart aja, barangkali bisa, dan ternyata… bisa dech.

Tapi, secara…. masak harus selalu restart ponsel kalo mau buka aplikasi ini, ‘uncool’ dech kalo kata temenku… Ya akhirnya, kubuka dech wapsite-nya (wap.mig33.com). Lha, akhirnya di situ kutemukan jawabannya… Hehe… ternyata cari informasi itu penting kalo udah kayak gini :D

Jawabannya malah suruh pake koneksi manual tadi (yang sebelumnya kupikir kalo ada yang gampang ngapaian yang sulit, hehe..). Ya, akhirnya kupakai dech koneksi dengan metode manual tadi, cuman kalo kita pake yang manual tadi, di wapsite tadi nyaranin untuk mengonfigurasi port-nya pake port 9119. Ya.. Alhamdulillah, setelah itu, aku ndak perlu restart ponsel lagi pas mau buka aplikasi mig33 ini, lebih-lebih, kalo make koneksi jenis manual ini akan jadi jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan metode sebelumnya (HTTP, red), dan aplikasi yang lain juga nggak terganggu akibat menjalankan aplikasi ini.

Ok, THAT’S ALL FOLKS!! Ampe jumpe lagi… Semoga bermanfaat…


TAGS


-

Author

Follow Me