Jilbab di Tengah Aparat Kepolisian (Indonesia), Adakah?

21 Jun 2009

Ini adalah salah satu pertanyaan BESAR yang pernah terlintas di benakku. ADAKAH POLWAN YANG MENGENAKAN HIJAB (JILBAB) dalam kesehariannya saat bertugas, yach??

Mungkin ini dapat dikatakan sebagai hasil pengamatanku sehari-hari yang selalu berlalu-lalang melintas di jalan-jalan kota (Surabaya). Dari pengamatan itu, tidak pernah kutemukan seorang pun polisi (wanita) yang mengenakan jilbab. Dalam benakku, aku sempat bertanya-tanya, apakah ini (model seragam polisi wanita) yang harus dikenakan oleh para pemakainya walaupun secara agama dia muslim??? Tidak adakah sebuah kebijakan yang mampu menjaga ‘virginitas’ seorang polisi (muslimah), dimana jilbab (menutup aurat) begitu dijaga di dalam Islam? Terlebih secara sumber daya, mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.

Coba kita lihat Norwegia, negara yang secara sumber daya mungkin memiliki lebih banyak penduduk non-muslim, tapi di kepolisiannya, setiap anggota (wanita) satuannya yang beragama Islam, diberikan sebuah pengkhususan dalam hal seragam, yakni menambahkan jilbab sebagai salah satu komponennya.

So, akankah Indonesia juga bisa dan mampu untuk melakukannya (kalau memang belum ada)? Apakah hal ini juga terkait dengan tingkat kemerosotan moral bangsa ya sudah semakin tinggi kadarnya??? Perlu diingat juga betapa kerasnya perjuangan para remaja muslimah kita di beberapa puluh tahun silam, yang sungguh sangat tragis mungkin, dimana mereka harus rela dikeluarkan dari sekolahnya hanya gara-gara masalah jilbab, menutup aurat, yang sejatinya adalah sebuah kewajiban bagi setiap pemeluk Islam.

Inikah Indonesia-ku???


TAGS


-

Author

Follow Me