Simple Javascript 1

1 Apr 2010

Wah, sudah lama tidak tulis-menulis di blog ini… :)

Berhubung sedang agak suntuk, dan karena pengalaman hari ini, saat ngoding (kembali) dengan Javascript, yang membuat agak… bhew… permasalahan simpel yang bikin rasanya bilang ‘MBENCEKNO’… Tapi, apapun itu, pasti ada hikmahnya, tambah ilmu pastinya, hehe…

Langsung aja dech

Berikut sedikit perbedaan Javascript dengan beberapa bahasa pemrograman lain yang biasa saya pakai. Simpel saja, tentang perulangan (looping).

Jika biasanya ketika saya ingin melakukan perulangan (for loop) untuk mendapatkan item-item dalam sebuah array, saya akan menulisnya seperti kode berikut.

for (int i = 0; i < objects.size(); i++) {
// doing something I like :D -> this is Java based code
}

Tapi, ternyata kalau diaplikasikan di Javascript kok tidak bisa ya… Usut punya usut, ternyata masalahnya hanya terletak pada int i (direct variable declaration) di dalam statement for. Ternyata!!! Di Javascript, variabel tidak didefinisikan terlebih dahulu pun tidak masalah, bahkan akan menimbulkan galat (error) seperti jenis kode perulangan di atas, atau mungkin dapat dideklarasikan sebelum blok perulangan, jika kasusnya seperti perulangan tersebut.

Akhirnya, kode tersebut saya translasikan menjadi baris kode berikut.

for (i = 0; i < objects.length; i++) {
// doing something I like :D -> this is Javascript based code
}

Hehe.. cukup sekian yang dapat saya sampaikan (halah.. kayak pidato aja..)
Semoga dapat memberi sedikit wawasan..


TAGS javascript pengalaman


-

Author

Follow Me