Pengalaman SPMB 2005

3 Dec 2011

Sebenarnya mau nulis yang lain. Tapi, berhubung saya menemukan catatan lama saya dan belum terpublikasikan lewat blog, akhirnya, ini saja deh yang saya munculkan. Tit… Demikian pendahuluannya, silakan disimak, sedikit, semoga bermanfaat.

Dahulu kala, halah…

Begini lho ceritanya…

Dulu, pas setelah UNAS selesai, orang tuaku langsung ngirim aku ke Surabaya buat ikut bimbingan intensif jelang SPMB (yang sekarang SNMPTN) selama satu bulan penuh, tepatnya di Ganesha Operation, atau yang sering disingkat GO yang terkenal dengan ‘The King’ solution-nya, (bukan promosi lho ya… GO ga bayar aku buat ini, hehe…)

Bener juga sich, lha wong targetQ bisa dibilang tinggi banget untuk ukuran anak desa (bener ga yach.. setelah tak banding-bandingin, sama aja tuch…, bergantung ma anaknya…), jurusan terfavorit (sampai saat ini) di kampus ITS, “Teknik Informatika”. Ada beberapa kandidat untuk pilihan ke-2 nya kayak Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Geodesi (dulu cuman ada di ITB ma ITS, ga tau sekarang).

(dulu ikut IPA jadi ‘2 pilihan cukup’)

Perjalanan panjang selama satu bulan….

Mulai Senin ampe Sabtu, agendanya bimbingan, trus Tryout tiap hari Ahad-nya (capex dech sebulan itu, bener…). Singkat cerita, sampe pada tryout final pun aku ndak pernah dapet predikat ‘lolos’. Padahal, pilihan keduanya dah tak gonta-ganti mulai dari yang grade-nya tinggi (waktu itu Elektro) sampai yang paling rendah (dari yang udah kusebutin tadi, lupa, Teknik Kimia kalo ga salah). Sempet bingung n kalang kabut. Gimana ndak, lha wong berkali-kali tryout koq ndak ada yang nyantol sama sekali. Ya maklum, selera grade tinggi walaupun kemampuan pas-pasan, hehe..

Akhir cerita…

Setelah menjalani tes SPMB sebenarnya (pilihan terakhirku dulu [tetep] Teknik Informatika ma Teknik Geodesi), dan setelah menunggu selama satu bulan, akhirnya tibalah hari dimana hasil tes diumumkan. Karena pengumumannya dulu juga bisa diakses lewat jalur SMS (dulu belum ada website untuk ngumumin itu), jadi sempet nyoba minjem HP ke my uncle untuk request hasil SPMB itu. Tapi, dulu ga nyampe2 (kalo ga salah). Ya maklum, pasti traffic-nya padet banget, pasti banyak yang ngakses. Jadi, beli koran (JP) dech… Setelah beli, kubentangkan dan kucari (nomer peserta + namaku) di situ. Alhamdulillah, aku lolos di pilihan ke-2. Tapi agak menyayangkan juga, ga bisa dapetin pilihan pertamaku, huhu… :(

SIMPULAN-e, Rek!

Guys! seperti yang dah kubilang di e-mail, tidak serta-merta hasil tryout mencerminkan hasil pada tes sebenarnya (dah tau kalee, Mas!). Hehe… bukan itu koq…

Intinya di sini, jangan berputus asa dari Rahmat Allah, yang penting kita bekerja keras dan tetep bersemangat. Apapun hasilnya nanti, percayalah bahwa itu adalah pilihan terbaik yang diberikan oleh Allah SWT untuk kita.

—That’s all—

Ya.. Begitulah salah satu cerita kehidupan saya yang sempat saya bagi ke beberapa adik kelas alumni MA YKUI Maskumambang angkatan lulus tahun 2009 saat mengirimkan e-mail hasil simulasi SNMPTN mereka (kira-kira bulan Juni 2009) yang diselenggarakan oleh HAPPMAS Konsulat Surabaya.

Dan, Anda tahu, ceritanya berakhir dengan saya memasuki jurusan lain dan di perguruan tinggi lain (tapi waktu itu masih bagian dari ITS), ya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) jurusan D3 Teknologi Informasi (sekarang: Teknik Informatika) dan lanjut lagi di D4-nya setelah sempat bekerja selama satu tahun di sebuah perusahaan pengembang perangkat lunak (software) di Surabaya. Mengapa demikian? Karena pilihan berdasarkan hatilah yang akan membawa kita pada apa yang kita harapkan, dan semoga kesuksesan juga menyertainya, amiinn ^^

*** Ternyata bentuk tulisan saya jaman itu seperti ini ya, hehe… amburadul, ckckck…


TAGS pengalaman pendidikan tes kuliah


-

Author

Follow Me